Mengintip Keseruan Perayaan Hari Guru Nasional SMK Katolik Santa Maria Pontianak

hari guru1
Share artikel ini:
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

SMK Katolik Santa Maria Pontianak – Kamis,(25/11/2021) merupakan satu di antara hari yang sangat berkesan terutama untuk siswa-siswi dan  guru di SMK Katolik Santa Maria Pontianak. Seperti yang kita ketahui, perayaan Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Perayaan Hari Guru Nasional kali ini agak sedikit berbeda dengan perayaan sebelum-sebelumnya. Jika biasanya Hari Guru diperingati dengan mengikuti webinar, maka untuk kali ini SMK Katolik Santa Maria Pontianak merayakannya dengan cara yang berbeda.

OSIS SMK Katolik Santa Maria Pontianak berinisiatif mengadakan kegiatan berupa perlombaan yang diikuti langsung oleh guru-guru. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara internal. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tentunya untuk memperingati Hari Guru Nasional dan sejenak mengingat jasa-jasa guru. Selain itu, tujuan kegiatan ini juga sebagai satu di antara melaksanakan program kerja OSIS SMK Katolik Santa Maria Pontianak. Oleh karena itu, OSIS membentuk panitia kecil untuk mengadakan kegiatan ini.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pukul 09.00 hingga berakhir pukul 15.00 WIB. Adapun peserta lombanya adalah guru-guru SMK Katolik Santa Maria Pontianak. Macam-macam kegiatan yang dilaksanakan yaitu ada permainan lampu merah lampu hijau (individu), lomba tes pendengaran (tim), pertanyaan umum (tim), dan lomba cari harta karun (tim). Selain itu juga, ada satu perlombaan yang sangat menarik yaitu lomba karaoke dalam Bahasa Inggris untuk guru-guru.

Panitia yang dalam hal ini adalah anggota OSIS juga menyediakan berbagai macam hadiah dan doorprize. Hal ini bertujuan selain untuk memberikan apresiasi terhadap antusiasnya guru-guru dalam mengikuti kegiatan juga bertujuan agar para peserta dan panitia lebih semangat lagi. Acara dibagi dalam beberapa sesi yaitu, yang pertama adalah pembukaan, doa, sambutan dari osis dan kepala sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Himne Guru persembahan langsung dari anggota OSIS.

Setelah sesi pertama, dilanjutkan sesi kedua yaitu pelaksanaan perlombaannya. Permainan yang disediakan oleh panitia sangat menarik dan menantang sehingga berlangsung dengan meriah dan dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Setelah sesi permainan selesai dilanjutkan makan siang bersama, baik itu guru-guru maupun para siswa. Meskipun dengan menu sederhana namun tidak melunturkan rasa kebersamaan yang sangat luar biasa.

Setelah makan siang, dilanjutkan lomba karaoke dalam Bahasa Inggris untuk guru-guru. Suara sumbang, tidak hafal lirik, tidak tahu cara pengucapan dan lain sebagainya justru menjadi pemicu gelak tawa yang menambah keseruan kegiatan ini. Setelah semua perlombaan selesai dan pembagian hadiah serta doorprize, acara ditutup dengan pembagian kartu ucapan dan pemasangan video ucapan dari siswa-siswi SMK Katolik Santa Maria Pontianak, kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin langsung oleh bidang kerohanian OSIS SMK Katolik Santa Maria Pontianak.

Harapan untuk ke depannya semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali. Apa yang sudah bagus dipertahankan dan apa yang masih kurang akan dibenahi. Selamat Hari Guru Nasional untuk semua pahlawan tanpa tanda jasa, terkhusus untuk guru-guru SMK Katolik Santa Maria Pontianak. Tetap Bersemangat.

*)Leonardus Ferdi, S.Pd.

Leave a Comment

ALAMAT SEKOLAH

Jl. Karel Satsuit Tubun No. 03,  Akcaya, Kota Pontianak 7811 – Kalimantan Barat