Kegiatan ANBK SMK Katolik Santa Maria Pontianak

Suasana hari pertama pelaksanaan ANBK di Lab. Komputer SMK Katolik Santa Maria Pontianak
Share artikel ini:
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

SMK Katolik Santa Maria Pontianak – Sudah 2 hari ini pelaksanaan ANBK ( Asesmen Nasional Berbasis Komputer) di selenggarakan di SMK Katolik Santa Maria Pontianak. ( Senin-Selasa, 20-21/ 9/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan POS yang didiseminasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  ( Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Diawali dengan sosialisasi pada awal tahun pelajaran yang tidak saja disampaikan kepada siswa kelas XI (45 siswa yang dipilih secara sampling) tetapi juga kepada orang tua. Tentu saja penjelasan ini sangat penting untuk diketahui, karena masih muncul banyaknya anggapan bahwa ANBK itu pengganti UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Suasana saat peserta mengikuti ANBK

Apa itu AN?

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan belajar.

Tujuan  Asesmen Nasional

Asesmen Nasional dilaksanakan tentu dalam upaya  meningkatkan mutu pendidikan. Jadi Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antarbagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Secara Umum Kegiatan ANBK Berjalan dengan Lancar

Pada hari ke-2 pelaksanaan, juga berlangsung pengisian angket yang diisi oleh  guru dan kepala sekolah terkait  survei Lingkungan Belajar. Tentu saja pengisian angket ini sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan sinkronisasi antara jawaban angket siswa dengan guru dan Kepala sekolah.

Foto Wisyie Naana: Guru SMK Katolik Santa Maria Saat sedang mengisi angket

Secara umum berjalan dengan baik, walaupun sedikit terkendala oleh jaringan, namun bisa diatasi. Tentang pengawasan dilaksanakan secara silang, diharapkan hasilnya juga lebih baik, sehingga apa yang diharapkan oleh pemerintah bisa tercapai. Tetap Bersemangat

*)Wisyie Naana

Leave a Comment

ALAMAT SEKOLAH

Jl. Karel Satsuit Tubun No. 03,  Akcaya, Kota Pontianak 7811 – Kalimantan Barat