MoU SMK Santa Maria Pontianak bersama DUDI

20220727_090052

SMK Santa Maria Pontianak – SMK Katolik Santa Maria Pontianak dapatkan kepercayaan dalam penyelenggaraan program SMK Pusat Keunggulan di sektor Ekonomi Kreatif, jurusan Desain Komunikasi Visual.

Menjawab tantangan pengembangan kompetensi yang link and match dengan kebutuhan dunia kerja di era saat ini khususnya di sektor ekonomi kreatif, SMK Santa Maria Pontianak melirik industri kreatif yang berkembang di Pontianak. Diantaranya adalah Viappucio Studio. Jasa layanan fotografi belakanngan berkembang pesat khsusnya di Pontianak mulai dari foto kesenian hingga fotografi industrial/komersial. Viappucino studio adalah salah satu studio fotografi yang berkembang.  beralamat di Jl.  Jl. Karvin No. 2C  Pontianak.

Diharapkan melalui pendampingan dan keterlibatan industri ini, pembelajaran di SMK Santa Maria dapat lebih baik dan tepat, dimana kompetensi yang nantinya diajarkan kepada siswa adalah kompetensi yang benar-benar dibutuhka di industri fotografi.

Wisyie Naana, S.S., S.E., M.Pd (Kepala SMK Santa Maria Pontianak) bersama 3. Nyi Ayu Olivia Nurul Hillary (Owner Viappucino Studio)

Selain itu, pada bidang advertising dan percetakan, SMK Santa Maria Pontianak bekerja ama dengan PT. Teknik Visual Graphia yang merupakan salah satu perusahaan Advertising di Pontianak, beralamat di Jl. Budi Karya No. B8, Pontianak Selatan.

Selain melakukan pendampingan, nantinya kedua industri ini akan turut serta dalam proses belajar mengajar di SMK Santa Maria Pontianak, mulai dari mendatangkan praktisi, hingga program magang guru dan siswa, serta program teaching factory.

FR Dominggo Octavian Parimpasa (Owner PT. Tekhnik Visual Graphia) bersama Antonius, M.Pd. (Wakil Kepala SMK Santa Maria Pontianak)

Untuk bidang Audio dan video visual SMK Katolik Santa Maria Pontianak telah lebih dahulu bekerja sama dengan Stasiun LPP TVRI Pontianak.

Perlu diketahui bahwa SMK Katolik Santa Maria Pontianak adalah salah satu dari 10 skolah terpilih di Indonesia yang turut serta dalam pembuatan konten belajar berupa video animasi pembelajaran yang ditayangkan dilaman rumah belajar kemdikbud  yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Informasi Kemdikbud Ristek. Pembuatan konten belajar saat ini telah berjalan pada tahun kedua. Setiap sekolah membaut sepuluh video animasi denga tema yang berbeda.