Uji Kompetensi Keahlian (UKK) mengukur ketercapaian kompetensi siswa

UKK2022
Share artikel ini:
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

SMK Katolik Santa Maria Pontianak – Mulai Senin, (28/3/2022), SMK Katolik Santa Maria Pontianak menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) jurusan Multimedia, Akuntansi, dan Bisnis Daring dan Pemasaran hingga Rabu, (30/3/2022).

UKK sendiri merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sesuai dengan SE Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Keseteraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Sebagaimana dikutip dari laman www.gamelab.id.

SMK Katolik Santa Maria Pontianak melaksanakan UKK Mandiri dengan menggunakan instrumen yang telah disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal dengan melibatkan DUDIKA, serta berorientasi pada standar kompetensi lulusan. Terdapat tiga perangkat yang menjadi instrumen dalam pelaksanaan penilaian UKK ini, yatu Instrumen soal UKK (SPK), Lembar Pedoman Penilaian (LPsp),

“Setiap jurusan, kita bekerja sama dengan dunia industri terkait, untuk multimedia sendiri kita mendatangkan dua orang penguji eksternal dari LPP TVRI Kalimantan Barat yakni Bapak Darius Tarigan, S.M,. dan M.Arman, S.E.), sedangkan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran kita mendatangkan Ibu Indyah Widyastuti,SP (HR&GA Supervisor PT. Matahari Dept   Store). Jurusan Akuntansi  kita mendatangkan mendangkan akuntan publik Bapak Drs. Sudharnoto, AK., MM., CA., CPA., CPI. ”  ujar Bapak Iwan Susanto, S.Kom.

Darius Tarigan, S.M (Berdiri) Saat sedang melakukan pengamatan penilaian di ruang Lab A. jurusan multimedia.

Masing-masing jurusan ditepatkan pada ruang berbeda, Multimedia di Lab A dan Lab C. Akuntansi di Lab B, dan Bisnis daring dan Pemasaran di ruang multimedia.

Suasana pengawasan UKK ruang 03 Lab C. XII MM 2 oleh Bapak M. Arman, S.E., (LPP TVRI Kalimantan Barat) dan Ibu Lisa Oktavia, S.Kom

Hari kedua pelaksanaan, untuk jurusan Bisnis daring dan Pemasaran melaksanakan penilaian penataa produk. Peserta didik melakukan demonstrasi penataan Produk yang termasuk pada komponen penilaian pramuniaga dan kasir. Selain itu masih ada dua komponen penilain lagi yang masih akan diaksanakan yakni Membuat Dokumen Transaksi dan  Operasional Pemasaran Produk dan Jasa ( Marketing Daring), Presentasi proposal usaha.

Gambar siswa saat sedang melaksanakan penilaiaan penatan produk

Berbeda dengan pemasaran, jurusan akuntansi  melakukan penilaian komputer akuntansi, dimana siswa akan menunjukkan kecapan menggunakan aplikasi akuntansi Myob dan spred sheet. Setelah sebelumnya melakukan pembukuan. Jurusan Akuntansi mendangkan Bapak Drs. Sudharnoto, AK., MM., CA., CPA., CPI.  seorang akuntan publik di Pontianak.

 

Siswa saat sedang mengerjakan soal praktik UKK

Sementara itu, dalam proses penilaiannya jurusan multimedia melaksanakan tiga proses produksi multimedia, yakni Pra produksi, produksi dan pos produksi yang masing-masing dilaksanakan satu hari jadwal UKK, dimulai dari tanggal 28 – 30  Maret 2022 besok. Siswa mendapat projek pembuatan video Iklan komersial produk unggulan daerah.

Siswa multimedia saat sedang melakukan penilaian pra produksi membuat proposal penawaran

Nantinya kegiatan penilaian akan diakhiri dengan presentasi kepada penguji. Dengan melakukan tahapan-tahapan penilaian ini diharapkan siswa mampu menunjukan ketercapaian kompetensi yang memuaskan.

*)iwan

Leave a Comment

ALAMAT SEKOLAH

Jl. Karel Satsuit Tubun No. 03,  Akcaya, Kota Pontianak 7811 – Kalimantan Barat