Pelatihan Executive Functioning in the Classroom Yayasan Pendidikan Kalimantan

20210607_132313
Share artikel ini:
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

SMK Katolik Santa Maria Pontianak – Guru adalah poros utama pendidikan. Ia menjadi penentu kemajuan suatu negara di masa depan. Secara umum, tugas guru adalah mengajar siswa-siswi agar memilki pengetahuan dan keterampilan dalam masing-masing bidang pelajaran.

Selain itu guru juga mempunyai tanggung jawab dalam mendidik siswa agar mempunyai sikap dan tingkah laku baik, entah itu ketika berada di lingkungan sekolah ataupun masyarakat.

Untuk itu Yayasan Pendidikan Kalimantan menginginkan setiap guru yang mengajar di persekolahan Kunzhong harus memiliki keterampilan dan pengetahuan mendalam tidak hanya pada bidang yang diampuh melainkan pada berbagai bidang, sehingga guru dapat lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya.

Guru yang hebat mempunyai kualitas prilaku:

  1. Memiliki komitmen dan motivasi dan gairah yang tinggi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Sehingga guru terdorong memahami dan berusaha menguasai materi dengan baik, terus belajar materi-materi baru, mencari ide-ide baru agar dapat memfasilitasi siswa dalam belajar.
  2. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi sehingga guru terbuka menerima masukan dan perubahan dan siap berubah tanpe membela diri.
  3. Memiliki tingkat kepuasan kerja

Guru juga ditantang untuk kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang bermutu dan tepat sasaran mengingat tantangan dalam pendidikan semakin sulit dengan adanya wabah pandemi Covid-19. Untuk itu, guru diharapkan dapat merencanakan pembelajaran dengan baik.

Pelatihan Executive Functioning in the Classroom diselenggarakan oleh Tim Layanan Psikoedukatif Persekolahan Kunzhong bertujuan  guru dapat menghayati dan mengamalkan
pola pikir kecakapan Executivef, artinya guru dapat:
1. Mendesain dan melaksanakan GBPS/RPP dengan baik dan benar
2. Mengajarkan pola pikir kecakapan EF kepada siswanya
3. Mengatur dan memanfaatkan emosinya untuk mencapai tujuan

Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi dimana sesi pertama diawali dengan pre-test kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tujuan pelatihan Executive Fuctioning. Pada sesi kedua penyampaian materi lebih pada permainan dan dilanjutkan dengan refleksi dan arti game yang dimainkan.

Guru saat sedang mengikuti game

Penulius: Iwan

Leave a Comment

ALAMAT SEKOLAH

Jl. Karel Satsuit Tubun No. 03,  Akcaya, Kota Pontianak 7811 – Kalimantan Barat