Kupas Makna Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) bersama Dr. A Kadir (Pakar Pendidikan)

thm1

SMK Katolik Santa Maria Pontianak – Sistem pendidikan berperan penting dalam menyiapkan generasi untuk menghadapi tantangan global. Oleh karena itu sistem pendidikan Indonesia harus bertransformasi, tidak hanya mengejar ketertinggalan akademik, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan adaptif.

Sejalan dengan akan diterapkannya strategi pembelajaran mendalam (deep learning) di pendidikan dasar dan menengah, SMK Katolik Santa Maria menyambut baik dan siap bertransformasi untuk mendidik generasi Indonesia yang unggul, meskipun sekolah yang dikenal persekolahan Kunzhong ini telah lama menerapkan strategi dengan fokus kepada kompetensi global.

Sebagai langkah awal, SMK Katolik Santa Maria Pontianak melakukan diskusi memahami makna esensi dari pembelajaran mendalam berdasarkan naskah akademik tentang pembelajaran mendalam yang diterbitkan pada Februari silam. Diskusi ini diarahkan langsung oleh Wisyie Naana, S.S., S.E., S.H., M.Pd. Kepala SMK Katolik Santa Maria Pontianak, dengan menghadirkan Dr. A. Kadir selaku pakar pendidikan di Yayasan Pendidikan Kalimantan, sebagai narasumber.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru SMK Katolik Santa Maria Pontianak dan Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA persekolahan Kunzhong ini masih dalam tahap pemahaman tentang kerangka kerja pembelajaran mendalam. Diharapkan dari kegiatan ini setidaknya guru sebagai individu yang terlibat langsung dalam penerapan sistem ini sudah memahami secara menyeluruh proses dan tujuan esensial yang diharapkan dari penerapan sistem pembelajaran mendalam ini.

Sebagai Kepala Kantor Yayasan Pendidikan Kalimantan, Dr. A. Kadir sangat mendukung optimalisasi Kinerja dengan berbagai pelatihan, diskusi mendalam, Brainstorming dan kegiatan positif lainnya. Penguasaan interdisipliner ilmu termasuk pemahamam teori-teori pembelajaran penting untuk diperhatikan agar tidak berpatokan pada satu teori atau konsep saja, termasuk dalam menganalisis Naskah Pendidikan tentang Pembelajaran Mendalam, ia juga membimbing guru-guru mengkaji Teori Kerangka Pembelajaran Mendalam dari Mc. Tighe & Silver dan Fullan et.all

(iwan)