Webinar Vocation Active Learning “Optimal Mengembangkan Technical dan Active Skills”

Suasana sat webinar sedang berlangsung. Tampak Dr. A. Kadir sedang menyampaikan materi webinar
Share artikel ini:
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

Sabtu (20/3/2021), berlangsung kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh SMK Katolik Santa Maria Pontianak bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Kalimantan, mengangkat tema “Optimal Mengembangkan Technical dan Active Skills“. Kegiatan yang berlangsung selama satu jam penuh ini mengadirkan Dr. A. Kadir sebagai narasumber. Dr. A. Kadir merupakan pakar pendidikan yang saat ini menjabat sebagai kepala kantor di Persekolahan Kunzhong, di Yayasan Pendidikan Kalimantan. Webinar ini merupakan rangkaian pengembangan pembelajaran di persekolahan Kunzhong, Yayasan Pendidikan Kalimantan. Sebelumnya unit SD, SMP, dan SMA sudah terlebih dahulu melaksanakan webinar ini dengan tema yang berbeda disesuakan dengan jenjang pendidikannya.

Wisyie Naana, S.S., S.E., M.Pd, memaparkan tujuan mengangkat tema “Optimal Mengembangkan Technical dan Active Skills“melalui pesan elektronik pada saat membagikan link undangan webinar, adalah mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi era globalisasi yang menuntut generasi muda mampu menguasai keterampilan dan pengetahuan sehingga mampu bersaing dalam perkembangan global. Mengoptimalkan pengembagan skill (Personal Skills dan Technical Skills) demi pekerjaan dimasa mendatang merupakan suatu paket untuk menuju Occupational Success.

“Era globalisasi menuntuk generasi muda mampu menguasai keterampilan dan pengetahuan. Bila tidak, bukan tak mungkin akan tergilas dalam persaingan global. Mengoptimalkan pengembagan skill (Personal Skills dan Technical Skills) demi pekerjaan dimasa mendatang merupakan suatu paket untuk menuju Occupational Success” Tulis Wisyie Naana, S.S., S.E., M.Pd pada undangan yang di broadcast pada group pesan instan siswa dan guru SMK Katolik Santa Maria.

Kenisha Ellen, siswa kelas X Multimedia, saat sedang menjadi moderator webinar Vocation Active Learning

Kenisha Ellen, siswa kelas X Multimedia mengaku cukup tegang saat menjadi moderator pada webinar ini, ia menyampaikan sampai tidak berani melirik ke samping.

Saya itu tidak berani melirik ke samping Pak, takut keliatan mata saya dilayar melirik kesamping, jadi saya fokus kedepan kamera terus” Papar Kenisha sesaat setelah webinar berakhir.

Kenisha Ellen dipilih menjadi moderator pada webinar ini. Kepala sekolah, Wisyie Naana, S.S., S.E., M.Pd menegaskan setiap kegiatan webinar atau podcast harus siswa yang tampil tujuannya untuk menonjolkan skill siswa. Ini merupakan pengalalam pertama bagi Kenisha menjadi moderator. Berikutnya pasti akan lebih baik lagi.

Webinar berlangsung dengan lancar meskipun di awal pembukaan kamera Kenisha sempat tidak tampil di layar namun ini bukan masalah yang berarti. Iwan Susanto guru pembimbing produksi multimedia yang menjadi pengarah kegiatan menjelaskan kendala teknis yang terjadi di awal opening adalah pertukaran source kamera antara aplikasi stream  yang digunakan.

Pada saat live bumper program, kamera source untuk cam Kenisha itu secara otomatis dipakai google meet yang kita gunakan untuk share screen materi“. Jelasnya.

Dr. A. Kadir saat sedang menyampaikan materi Vocation Active Learning

Mengawali materinya Dr. A. Kadir menyapa penonton dan memberi apresiasi kepada Kenisha yang sat itu menjadi moderator. Ia menyampaikan bahwa ini memperagakan satu tekhnical dan personal skills.

Baik, terima kasih moderator. Pastor, Bruder, Suster, Bapak/Ibu, Guru-guru, Bapak Ibu Orang tua, para Siswa dan semua yang berkesempatan mengikuti webinar pada pagi hari ini. Saya berterima kasih sekali mendapat kesempatan untuk berbicara mengangkat satu topik supaya kita dapat membahas bersama.” Sambutan singkat Dr. A. Kadir membuka sesi pertama.

Dan pada pagi hari ini, moderatornya ini kelas sepuluh ini. Ini sudah memperagakan satu Technical dan Personal Skill yang akan kita bahas pada pagi hari ini“. Sambung Dr. A. Kadir

Untuk lebih lengkapnya dapat tonton tayangan video livenya pada video dibawah ini:

Download materinya disini: Vocation Active Learning

Penulis: Iwan

Editor: Wisyie Naana

 

Leave a Comment

ALAMAT SEKOLAH

Jl. Karel Satsuit Tubun No. 03,  Akcaya, Kota Pontianak 7811 – Kalimantan Barat